13 Hal Seru dan Tempat Menarik Saat Wisata di Nusa Lembongan

13 Hal Seru dan Tempat Menarik Saat Wisata di Nusa Lembongan

Nusa Lembongan merupakan salah satu pulau kecil yang berada di bagian tenggara dataran Bali. Secara administratif, pulau ini termasuk ke dalam wilayah kabupaten Klungkung. Dibandingkan dengan wilayah Bali lainnya khususnya bagian selatan, objek wisata disini juga tidak kalah eksotis dan menarik untuk dikunjungi.

Tak hanya menawarkan keindahan panorama alam, berbagai destinasi wisata di Nusa Lembongan juga mendukung dilakukannya banyak aktivitas seru. Belum lagi keramahan masyarakatnya yang berbudaya luhur akan semakin membuat Anda nyaman berlama-lama liburan disini. Supaya tidak penasaran, berikut adalah tempat menarik dan aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di lokasi ini.

13 Hal Seru dan Tempat Menarik Saat Wisata di Nusa Lembongan

1.  Mengunjungi gerbang utama Nusa Lembongan: pantai Jungut batu
Ketika pertama kali menginjakkan kaki di Nusa Lembongan, Anda pasti akan langsung disuguhkan oleh keindahan pantai Jungutbatu. Pantai ini memang berperan sebagai dermaga masyarakatnya tempat keluar masuknya perahu yang datang kemari. Selain dikenal sebagai gerbang utama pulau ini, pantai Jungutbatu juga populer karena alamnya yang asri serta cara hidup tradisional di nusa lembongan .

Secara umum, selain dikelilingi oleh perairan kondisi geografis di sekitar pantai Jungutbatu ini adalah berupa bentangan perbukitan hijau. Disini, Anda bisa melakukan beragam aktivitas seru seperti berenang, memancing, bermain bola pantai. Dalam beraktivitas di sekitar pantai Anda tidak perlu khawatir karena ombak disini tergolong kecil sehingga relatif aman.

Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen terbenamnya matahari pada waktu senja tiba. Sebab panorama langit jingga yang berpadu dengan latar gunung Agung serta hamparan perahu nelayan di tepian pantai tentu sangat eksotis. Kemudian, jika Anda bosan dengan aktivitas di pantai yang itu-itu saja, maka bisa mengikuti tur wisata budidaya rumput laut.

Ya, sesuai dengan namanya pantai ini memang berlokasi di desa Jungutbatu, kecamatan Nusa Penida, kabupaten Klungkung. Sejak zaman dahulu, daerah ini memang sudah dikenal sebagai sentra budidaya dan pembuatan berbagai produk berbahan rumput laut. Melalui tur tersebut Anda bisa berinteraksi dengan para petani sekaligus belajar cara budidaya rumput laut dari mereka.

2. Menyusuri underground house bernama Goa Gala-Gala
Ikon wisata pulau Bali yang selalu menjadi tujuan utama kunjungan para wisatawan adalah pantai. Terdapat berbagai destinasi wisata pantai yang menawarkan pemandangan menakjubkan serta beragam aktivitas seru. Tetapi, apabila Anda merasa bosan dengan wisata Bali yang mainstream maka menyusuri Goa Gala-Gala di Nusa Lembongan bisa menjadi alternatif.

Goa Gala-Gala sendiri sebenarnya tidak terbentuk secara alami sehingga sering disebut juga dengan istilah underground house. Rumah bawah tanah ini terbuat dari bahan berupa batu kapur dan dibangun oleh seorang petani sekaligus pertapa bernama Mangku Byasa. Goa buatan ini sendiri memiliki kedalaman kurang lebih tujuh meter.

Aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di tempat menarik ini tentu saja menyusuri setiap lorongnya. Sebab layaknya sebuah rumah pada umumnya, disini juga terdapat ruang tidur, bertapa, tamu, dapur bahkan sumur. Supaya aman, Anda disarankan membungkuk saat menelusuri beberapa titik dari lorong ini karena atapnya yang tidak terlalu tinggi. Wah, tentu sangat ikonik untuk dikunjungi bukan?

Lembongan Bali.jpg

3. Berkunjung ke Pura Puncak Sari
Tak hanya dijuluki sebagai pulau Dewata, Bali juga sering disebut sebagai negeri seribu Pura. Banyaknya jumlah Pura di Bali memang merupakan sesuatu yang wajar karena mayoritas penduduknya beragama Hindu. Namun, Pura di Bali terkadang tidak hanya difungsikan sebagai rumah ibadah sebab lokasi ini bisa juga dikunjungi oleh para wisatawan.

Akan tetapi, dikarenakan posisinya sebagai tempat suci maka Anda harus menggunakan busana khusus bernama “Kemben” untuk masuk ke dalam Pura. Salah satu Pura yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Nusa Lembongan adalah Bukit Sari. Bukit Sari merupakan pura terbesar dan terluas di wilayah Bali bagian tenggara.

Sesuai dengan namanya, Pura ini memang berada di puncak sebuah bukit. Jadi, untuk menuju kesini diperlukan usaha yang cukup keras dimana Anda mesti mendaki ke puncak bukit. Namun, rasa lelah Anda akan terbayar lunas ketika sudah sampai di lokasi ini. Dikarenakan penorama yang disuguhkan dari Pura Puncak Sari sangat indah berupa Samudera Hindia, Nusa Ceningan dan Penida.

4. Menyaksikan megahnya gunung Agung dari Tamarind Beach
Nusa Lembongan merupakan pulau kecil di tenggara Bali yang populer dengan berbagai destinasi wisata berupa pantai. Salah satu objek wisata pantai yang wajib Anda kunjungi untuk mengisi agenda liburan adalah Tamarind Beach. Dari sini Anda dapat menyaksikan pemandangan yang begitu indah dimana dataran pulau Bali terlebih megahnya gunung Agung akan nampak jelas.

Waktu terbaik untuk menikmati panorama alam di Tamarind Beach tentu saja menjelang matahari terbit dan terbenam. Sebab Anda bisa mengabadikan momen sunrise maupun sunset dengan latar belakang laut lepas berpadu kemegahan gunung Agung. Kemudian, apabila Anda lelah setelah seharian beraktivitas, maka bisa menyewa beberapa resort atau pun bungalow untuk bermalam.

Menyaksikan megahnya gunung Agung dari Tamarind Beach

5. Memanjakan mata dari atas bukit Panorama
Berlibur ke Nusa Lembongan memang menghadirkan kesan yang berbeda dari objek wisata Bali lainnya. Disamping banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan, di lokasi ini Anda juga bisa lebih tenang dan nyaman menikmati liburan. Satu lagi objek wisata yang akan memanjakan mata Anda adalah bukit Panorama.

Bukit Panorama sendiri merupakan lokasi ketinggian yang berada di wilayah desa Jungutbatu. Sesuai dengan namanya, disini mata Anda akan dimanjakan oleh keindahan alam Nusa Lembongan. Lebih istimewanya lagi, Anda juga bisa melihat pemandangan titik tertinggi di pulau Dewata yaitu gunung Agung. Kemudian, jika lelah Anda bisa beristirahat sembari mengisi perut di warung yang tersedia.

6. Berkeliling di hutan Mangrove
Hutan Mangrove atau Bakau menjadi destinasi wisata yang tidak boleh luput dari itenerary Anda saat datang ke Nusa Lembongan. Sebab disamping penampakkan alamnya yang indah dan rimbun, dari sini Anda juga bisa melihat pemandangan pulau Bali di kejauhan. Kemudian, apabila Anda ingin berkeliling hutan Mangrove terdapat beberapa opsi transportasi yang bisa dipilih.

Pertama, nusa lembongan Anda bisa menggunakan kapal yang disediakan oleh beberapa operator tur. Kedua, Anda juga bisa menyewa perahu kayak atau kano untuk menikmati keindahan alam disini secara mandiri. Tidak hanya terkenal dengan spesies pohon Bakaunya, saat berkeliling Anda juga bisa menemukan beragam binatang.

Beberapa binatang yang hidup bebas dan dapat Anda temukan disini diantaranya yaitu burung, kadal dan kepiting. Istimewanya lagi, menurut kesaksian beberapa warga desa Jungutbatu di hutan ini juga sering ditemui kelelawar buah dari Pura Goa Lawar. Akan tetapi, untuk melihat dari dekat spesies kelelawar ini Anda harus menjelajah hutan Bakau pada malam hari. Bagaimana, tertarik mencoba?

7. Berfoto ria di Yellow Bridge
Saat mampir ke Nusa Lembongan, Anda akan menemukan salah satu spot foto yang instagramable yaitu Yellow Bridge. Sesuai namanya, jembatan ini memang didominasi oleh warna kuning yang membuat tampilannya terlihat mentereng. Melalui pilihan warna ini, Yellow Bridge seolah menarik perhatian para wisatawan untuk berfoto di sekitarnya.

Bukan hanya karena komposisi warna yang mengundang perhatian, di jembatan kecil ini Anda juga akan menemukan banyak patung khas Bali. Patung-patung khas Bali ini bisa Anda temukan di setiap ujung jembatan. Selain memiliki fungsi tambahan sebagai area berfoto para turis, Yellow Bridge ini sebenarnya dibangun untuk menghubungkan antara Nusa Lembongan serta Ceningan.

8. Berolahraga air di Mushroom Bay
Dahulu, dikalangan warga setempat Mushroom Bay hanya difungsikan sebagai tempat merapatnya kapal untuk mengangkut maupun menurunkan penumpang. Tetapi, seiring dengan perkembangan sektor pariwisata di Bali, lokasi ini mulai dijadikan salah satu objek wisata olahraga air. Ya, beragam jenis olahraga air yang seru dan menantang adrenalin bisa Anda lakukan disini.

Diantaranya adalah melakukan snorkeling, berenang dan juga bermain scooter di perairan sekitar Nusa Lembongan. Selain itu, lokasi ini juga sangat cocok bagi Anda yang ingin sekedar bersantai sembari menikmati fenomena terbenamnya matahari. Anda juga dijamin betah berlama-lama disini hanya untuk mendengarkan deburan ombak samudera Hindia yang menghantam tebing karang.

Berolahraga air di Mushroom Bay

9. Berselancar di tiga spot populer
Jika Anda memiliki hobi berselancar, maka tiga spot populer di Nusa Lembongan ini wajib untuk dikunjungi. Ketiga spot olahraga selancar tersebut adalah Lacerations, Shipwreck dan Playgrounds. Setiap spot berselancar yang ada disini tentu saja memiliki tantangan dan tingkat kesulitan berbeda. Bagi peselancar pemula, maka Anda bisa meningkatkan keahlian di Playgrounds.

Sebaliknya, bila keahlian yang Anda miliki sudah termasuk tingkat menengah, maka bisa mencoba berselancar di Shipwreck. Kemudian, bagi Anda yang memiliki keahlian berselancar tinggi maka dapat berkunjung ke Lacerations untuk menjajal gulungan ombaknya. Disamping tingkat kesulitannya yang tak sama, letak dari ketiga lokasi berselancar ini juga berbeda.

Lokasi berselancar untuk kalangan profesional atau ahli terletak di desa Jungut batu nusalembongan.id Sementara itu, spot olahraga selancar terbaik untuk kelompok dengan keahlian tingkat menengah juga berada di desa Jungutbatu. Berbeda halnya dengan kedua lokasi tersebut, Playgrounds berada tidak jauh dari lokasi wisata populer Nusa Lembongan yaitu Mushroom Bay.

10. Menyaksikan sunset yang eksotis di Dream Beach
Ada beragam aktivitas seru yang bisa Anda lakukan selama berlibur di Nusa Lembongan. Namun, jika Anda sedang tidak berminat melakukan berbagai aktivitas yang menyita waktu, maka bersantai di Dream Beach adalah solusi tepat. Disini, Anda bisa menyaksikan panorama lautan lepas samudera Hindia.

Tidak hanya sekedar menyaksikannya di tepian pantai, Anda juga bisa menyewa beberapa resort yang ada di Dream Beach. Lebih istimewanya lagi, sebagian resort yang ada disini menyediakan fasilitas berupa infinity pool. Dengan demikian, Anda tentu merasa lebih nyaman saat menikmati terbenamnya matahari atau sunset sambil berendam di kolam.

Menyaksikan sunset yang eksotis di Dream Beach

11. Menepi sejenak dari rutinitas di pantai Scooby Doo
Sekilas ketika mendengar namanya, Anda munkin akan membayangkan salah satu tokoh kartun yang populer. Akan tetapi, menurut kesaksian masyarakat setempat penamaan panti ini tidak ada hubungannya dengan tokoh kartun tersebut. Meski tak akan bertemu Scooby Doo sebagai gantinya Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam menakjubkan.

Terdapat beberapa daya tarik utama dari destinasi wisata yang berlokasi tidak jauh pantai Jungutbatu ini. Daya tarik yang pertama adalah keindahan fenomena alam berupa matahari tenggelam atau sunset. Ya, dari lokasi ini Anda akan menyaksikan langit jingga yang membentuk harmoni bersama garis horizon, hamparan samudera serta perahu nelayan. Jadi, pastikan kamera Anda selalu siap ya.

Selanjutnya, daya tarik yang kedua dari pantai Scooby Doo ini adalah Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru di perairannya. Disini, Anda bisa menghabiskan waktu untuk berenang di tepian pantai dan melihat panorama bawah laut Nusa Lembongan melalui aktivitas snorkeling. Selain sunset yang indah dan bisa melakukan beragam aktivitas seru, pantai ini juga masih menyimpan daya tarik lain.

Daya tarik pantai Scooby Doo yang ketiga adalah suasananya masih relatif alami dan sepi. Kondisi ini dibuktikan dengan keberadaan beberapa perahu milik nelayan setempat dan hamparan pasir putih yang belum tersentuh banyak pengunjung. Walaupun menghadirkan sensasi wisata alami dan sepi bukan berarti lokasi pantai ini terpencil sebab berbagai fasilitas penginapan dan cafe sudah tersedia.

12. Merasakan hempasan deburan ombak raksasa di Devil’s Tear
Tidak bisa dipungkiri bahwa ikon utama yang selalu minat wisatawan datang ke Nusa Lembongan adalah Devil’s Tear. Sebenarnya, alasan tempat ini dinamakan “air mata iblis” adalah dikarenakan ombaknya yang sangat besar dan menghantam karang. Saking besar dan hantamannya yang kuat, buih ombaknya sampai terhempas ke udara.

Buih ombak yang mengudara tersebut kemudian kembali jatuh dan menerjang tebing karang. Atas alasan fenomena inilah lokasi wisata ini diberi nama Devil’s Tear. Disamping ombaknya yang besar, masih ada satu lagi keistimewaan dari tempat wisata ini. Keistimewaan yang dimaksud ialah letaknya yang berhadapan langsung dengan samudera Hindia sehingga cocok untuk menyaksikan sunset.

Merasakan hempasan deburan ombak raksasa di Devil’s Tear

13. Melihat dari dekat prosesi Nganyut di Pantai Selambung
Sejatinya kawasan Nusa Lembongan hanyalah pulau kecil dengan panjang maksimal 4,6 km. Jadi, tidak mengherankan apabila sebagian besar objek wisata disini adalah berupa pantai. Salah satu pantai yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur kesini adalah pantai Selambung. Namanya memang kalah populer apabila dibandingkan dengan objek wisata lain di pulau ini.

Sebut saja Devils Tear, Dream Beach maupun Mushroom Bay. Akan tetapi, pantai yang berlokasi di teluk kecil ini cocok untuk agenda bersantai sejenak. Sambil bersantai bersama orang terkasih, Anda juga bisa menikmati panorama hamparan pasir putih keemasan, laut biru dan gagahnya gunung Agung. Jika bosan bersantai, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di perairan Nusa Lembongan.

Seperti berenang, snorkeling hingga menjelajah pulau kecil ini dengan kapal. Tenyata, disamping keindahan alamnya, masih ada aspek menarik lainnya yang bisa ditemukan disini. Aspek menarik yang dimaksud adalah Anda bisa menyaksikan secara langsung proses Nganyut. Ya, Nganyut merupakan salah satu bagian dari upacara Ngaben yang dilakukan oleh masyarakat Hindu Bali.

Nusa Lembongan Pantai

Berbicara soal akses menuju kesini tentu sangat mudah untuk Anda tempuh baik menggunakan mobil maupun motor. Selain itu, objek wisata ini juga letaknya berdekatan dengan Pantai Jungutbatu dan Mushroom Bay. Jadi, bila Anda tertarik menikmati alam yang asri dan kekayaan budaya lokal Bali, maka sempatkan diri berkunjung ke pantai Selambung.

Pergi berlibur ke Nusa Lembongan memang mampu menghadirkan pengalaman yang cukup lengkap. Sebab saat berada disini, Anda tidak hanya bisa mengunjungi destinasi wisata berupa pantai. Lebih dari itu beragam tempat menarik dan aktivitas seru juga bisa dilakukan disini. Nah, jika Anda berancana liburan kesini dapat menghubungi CP untuk pemesanan transportasi maupun penginapan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *